Skip to main content

TAHU DIRI

Kenapa banyak orang marah kesal disebut “Gak Tahu Diri”. Padahal memang kita tidak pernah tahu tentang diri kita. Banyak yang membanggakan dirinya padahal dia tidak tahu tentang dirinya.

Problem bangsa semakin bertambah karena sebagian besar warganya mulai dari pemimpin hingga rakyat jelata tidak banyak tahu tentang dirinya.

Bangsa ini pun kerap tak tahu dirinya. Sejarah bangsa tak banyak yang tahu dan tidak mau tahu. Sejarah ditulis hanya berdasarkan keinginan dan kepentingan penguasa. Jika kita hari ini tak tahu tentang sejarah bangsa sendiri, bagaimana anak-anak kita nanti.

Tjokroaminoto adalah salah satu guru bangsa yang banyak melahirkan banyak pemimpin. Tjokro membimbing murid-muridnya untuk mengetahui tentang diri mereka masing-masing. Karena bimbingan untuk tahu tentang diri itulah, lahir tokoh seperti Soekarno, Kartosuwiryo, Tan Malaka dan banyak didikannya yang lain. Merekalah yang dikenal dengan “founding father”. Gurunya para pendiri Indonesia adalah Tjokroaminoto.

Tjokro membimbing murid-muridnya sesuai potensi masing-masing. Soekarno dengan gagasan yang Nasionalis, Kartosuwiryo dengan gagasan Negara Islam. Tan Malaka dengan gagasan Sosialis. Istilah kerennya ; satu guru, tiga murid, tiga ideologi. Mereka diajari dengan prinsip ; setinggi-tinggi ilmu, semurni-murni tauhid, sepintar-pintar siasat.

Jika mereka saja dengan kapasitas sebagai pendiri bangsa mesti mencari guru untuk membimbing dirinya agar tahu dirinya, bagaimana dengan kita hari ini?

Bangsa ini memerlukan guru bangsa yang memahami kebutuhan warganya. Soekarno, Kartosuwiryo dan Tan Malaka bukan lahir dari proses yang instan, mereka mesti berdarah-darah untuk belajar dan berproses. Lalu kita sebagai generasi setelah mereka bagaimana?

Di tengah kemerosotan moral, tantangan hari ini yang kompleks dan termasuk ketidaktahuan soal diri, maka setiap dari kita memerlukan guru pembimbing untuk membimbing kita menjadi manusia yang seutuhnya.

Hari ini, tepat tanggal 17 Desember adalah peringatan wafatnya Tjokroaminoto. Tjokro adalah bagian dari perjalanan panjang bangsa ini. Memahami Tjokro adalah bagian dari memahami Indonesia hari ini.

Memahami Tjokro adalah juga memahami Indonesia, semoga kita semakin tahu diri.

You may also like

One thought on “TAHU DIRI”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *