Skip to main content

REINO BARACK

Soal Luna Maya kecewa dan bahagianya Syahrini hari ini, bukan menjadi hal penting untuk diceritakan. Kita sudah bosan dengan akting dan dramaturgi mereka.

Reino Barack, nama baru di jagat nasional ini yang cukup mencengangkan semua orang. Siapa dia? Ketika kita ketik huruf “R” saja di google, langsung muncul nama Reino. Di twitter pun, pernikahannya dengan Syahrini masih berada di puncak trending topic yang sedang viral.

Reino rupanya adalah sosok pengusaha muda Indonesia. Dia putra dari Rosano Barack dan Reiko. Rosano rupanya bukan orang sembarangan. Selama ini dia hanya lebih banyak berada di belakang layar dari banyak perusahaan yang dia komandani.

Rosano, ayah Reino, adalah lulusan Universitas Waseda Jepang. Jepang seperti kampung halaman kedua baginya. Saat studi di Jepang pulalah, Rosano berteman dengan Rachmat Gobel, teman akrab yang kelak keduanya menjadi mitra bisnis.

Tak heran, pertemanan semasa muda dengan Rachmat Gobel, menjadikan Rosano kelak menjadi Presiden Komisaris PT Panasonic Manufacturing Indonesia.

Dari sekilas hasil googling, pasca viralnya air mata Luna Maya, sempuan yang kemudian dinikahi oleh Surya Paloh, pengusaha selaku Ketua Umum Nasdem. Jadi, Reino adalah keponakan dari Surya Paloh. Perkawanan Rosano dan Rachmat Gobel yang membuat Surya Paloh menominasikan Rachmat Gobel untuk menjadi Mentri Perdagangan di tahun 2014 lalu.

Dari sekilas hasil googling, pasca viralnya air mata Luna Maya, bisa kita lihat beberapa hal ;

(1). Bahwa pernikahan antar artis dan pengusaha di Indonesia semakin lama semakin bertambah. Jejaring pertemanan, saling merekomendasi, dan soal status sosial akan membuat jejaring pernikahan juga dengan level tertentu akan semakin cepat dan terjalin. Pernikahan antar pengusaha dan artis adalah kombinasi : rekomendasi, jejaring pertemanan, dan status sosial. Akan sulit ditemukan jika artis akan nikah dengan orang biasa, karena jejaring pertemanan tidak menjangkau orang yang berstatus biasa. Tempat nongkrong, grup whatsapp, dan following di Instagram dan medsos lain juga tidak terjalin. Apalagi status sosial artis tidak “mengharuskan” diirinya untuk menikahi yang berstatus biasa. Maka, berhentilah mengidam-idamkan artis jadi pasanganmu kelak. Tak mungkin terjadi jika jejaring pertemananmu, statusmu, hingga tidak ada yang merekomendasikanmu.

(2). Perkawanan di bidang bisnis di Indonesia juga ikut memberikan warna baru dalam perpolitikan Indonesia. Rata-rata pengusaha Indonesia yang kemudian memilih jalur politik untuk pengabdian adalah berkat perkawanan bisnis. Bisa kita simak contoh Rosano dan Rachmat Gobel. Lalu ada Sandiaga Uno, Rosan Roslani dan Erick Thohir yang mendorong Sandiaga Uno di Pilgub DKI Jakarta dan sukses. Walaupun kini berbeda di Pilres, entah untuk saling mengamankan atau nantinya seperti apa, tapi perkawanan bisnis juga mendorong perkawanan politik. Sebab, perkawanan di bisnis adalah soal kepercayaan mengelola uang. Jika sudah teruji mengelola uang, apalagi hanya politik.

(3). Mulai banyak pengusaha muda yang kini masuk ke jagat politik, di daerah banyak hal ini terjadi, namun hal ini tentunya menjadi tantangan baru bagi tata kelola pemerintahan yang lumayan kompleks dan ribet.

(4). Konteks Indonesia di lima tahun kedepan, jagat media akan lebih banyak diisi oleh pengusaha muda yang menikahi artis, dengan wajah yang good looking dengan pasangan yang serasi, akan menjadi idola-idola baru dan juga “mimpi-mimpi” baru bagi kalangan milenial yang baru tumbuh. Idola-idola ini yang nantinya trend setter fashion, style, hingga cara berjalan, makan-minum, dan apapun gayanya. Bagi kalangan yang minimal dalam segi keuangan, dengan terpaksa akan mengkonsumsi produk dan barang yang mirip tapi KW, yang penting hampir sama.

Dengan begitu, fenomena Reino Barack tidak bisa dilihat hanya dari satu sisi, sisi air mata Luna Maya, namun juga bisa dilihat dari banyak perspektif, yang tentunya akan sangat beragam dan menarik.

You may also like

3 thoughts on “REINO BARACK”

  1. Keren juga Persilangan Bisnis, Politik dan Artis. Yah kalo bagi anak kampung yang tidak mungkin bisa nikah sama artis walaupun fans beratnya. Mungkin bisa direalisasikan dari bawah dengan menikahi bunga Desa anaknya kepala desa dan sumber uangnya dari bisnis kecil.

    Yah agar bisa berkontes dikanca desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *