Skip to main content

MENGHITUNG PEMILIH

Jelang Pemilu yang waktu efektifnya tinggal beberapa minggu. Jika anda seorang Caleg, perlu ada kejelasan siapa dan berapa pemilih anda?

1. Berapa rumah yang telah anda datangi, dan pastikan berapa suara yang akan memilih anda di rumah tersebut.

2. Jika anda seorang Caleg ke DPRD Provinsi, berarti minimal anda harus memastikan minimal 3000 pemilih yang akan memilih anda. Itu jika setiap Caleg satu partai akan memberi kontribusi hingga 1500-2000 suara, dengan asumsi 5-7 Caleg. Jika kontribusi suara Caleg lain dibawah itu, pastikan pemilih anda lebih dari 5000 suara.

3. Jika anda seorang Caleg ke Kabupaten/Kota, berarti minimal anda harus memastikan minimal 1500-2000 suara yang harus diraih. Itu dengan asumsi Caleg satu partai dengan anda bisa dipilih 1000 orang dengan jumlah Caleg 5-6 orang. Jika dibawah itu, anda harus memastikan minimal 2000 suara yang memilih anda.

4. Karena itu, jika anda seorang Caleg ke DPRD Provinsi, maka minimal anda harus naik ke minimal 700 rumah. Atau anda menggaet tokoh masyarakat yang daya jangkau pengaruhnya bisa maksimal dalam dapil tersebut. Jika pengaruh seorang tokoh bisa menjangkau 50-70 orang, berarti anda memerlukan bantuan minimal 30 tokoh dengan “power” yang hampir sama. Jika anda Caleg level Kabupaten/Kota, anda harus menggaet 15-20 tokoh yang powernya benar teruji.

5. Karena itu, biar anda tidak panik dan khawatir, segera bikin database pemilih anda per TPS, per RT, per RW, per Dusun, Per Desa, Per Kelurahan, Per Kecamatan. Hitung dengan pasti dan terverifikasi dengan tepat, bukan karena masukan relawan/tim sukses tanpa data serta verifikasi yang valid. Dalam dua minggu kedepan, pastikan database ini sudah tersusun. Database berisi ; nama, alamat, handphone, pekerjaan, pendidikan, tps, usia, channels (garapan siapa), hingga jumlah keluarga.

6. Jika database sudah tersusun dengan baik, hitung kembali pemilih anda dan segera lakukan konfirmasi (cross confirmation) melalui relawan lain agar dapat benar-benar data tersebut teruji dan valid.

7. Jika database sudah ada, namun jumlah pemilih fix anda masih kurang. Segera formulasi kembali agenda pemenangan anda secara cepat. Anda butuh 200 % power untuk memenangkan Pemilu jika sampai hari ini pemilih anda belum mencapai angka 50% dari target. Langkah 200 % yakni 100 % power untuk mencapai jumlah target pemilih, dan 100 % power untuk menjaga stabilitas pemilih itu hingga 17 April.

8. Namun jika anda seorang Caleg dan anda sudah kendor semangat, waktu tidur masih 8 jam per hari, bersosmed masih 3 jam per hari, anda malas silaturrahmi, anda tak punya gagasan, pertemanan anda sedikit, jumlah keluarga terbatas, maka silahkan kubur niat dan mimpi anda pakai jas saat pelantikan Anggota Legislatif 😅😂. Karena jika anda hanya menghitung kemampuan finansial “serangan fajar”, perlu anda tahu bahwa hampir semua Caleg yang berduit juga punya ikhtiar dan pola yang sama.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *