Skip to main content

LOMBO, NYA ADA POWER NGANA!

Lombo

Jagat media sosial bergejolak. Pesan dari lelaki berkaos biru ini menjadi viral. Dalam video pendek dibawah ini ini, lelaki tersebut mengatakan “Lombo, Nya ada Power Ngana”.

Semenjak video ini viral, seketika jagat kehidupan semakin saling menantang. Video ini kerap menjadi tools untuk mem-bully sesama, khususnya di media sosial seperti WhatsApp dan Facebook.

Demikian juga dalam komunikasi sehari-hari, kalimat “Lombo, Nya ada Power” seakan-akan menjadi pesan bagi lawan bicara atau kelompok tertentu sebagai pihak yang lemah, tak ada kekuatan, dan tak bisa berbuat apa-apa.

Seringkali pula kalimat ini menjadi ujaran bercanda bagi seseorang dan kelompok tertentu, jika dalam kontestasi, orang atau kelompok tersebut mengalami hal yang tidak beruntung.

Dalam politik lokal, kerap kalimat ini diutarakan bagi elit lokal yang dianggap tidak mampu mengartikulasikan harapan dan janji politiknya.

Namun, ujaran ini memiliki sisi positif, agar orang atau kelompok yang dianggap “lombo” untuk segera mengurai kembali langkah apa yang membuat dirinya dianggap “lombo”. Lalu, dengan itu orang dan kelompok yang disasar dengan “lombo” agar segera memperbaiki niat maupun langkah agar tidak mengecewakan, termasuk misalnya bisa menuntaskan harapan dan keinginan orang banyak, yang sebelumnya menganggap diri atau kelompok yang dibully dianggap tidak mampu berbuat apa-apa.

Jadi, ujaran “Lombo, Nya ada Power Ngana” mesti diletakkan secara lebih transformatif. Menjadi penggugah semangat, menaikkan kinerja. Bukan sebaliknya, membuat baper (bawa perasaan) hingga tidak bisa move-on dari kondisi yang tidak diharapkan.

Semoga kita sekalian tidak menjadi “Lombo” dan “Nya Ada Power”.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *