Skip to main content

KETETAPAN

Reino, Luna, dan Syahrini adalah interupsi terhadap politik yang agak menjemukan akhir-akhir ini. Walaupun seperti politik, dalam kisah mereka, tetap ada pembelahan ; tim Luna atau tim Syahrini.

Namun, setelah ini, Syahrini pasti akan menjadi sosok “emak-emak”. Dia akan menjadi emak-emak yang militan di panggung selebritis. Tetap menjaga dan mempertahankan apa yang telah ia raih dan miliki. Waktu yang akan menentukan, apakah Reino sebatas terminal atau pelabuhan terakhir. Syahrini adalah penunggu ketetapan, sesengit apapun ia akan menjaga atau mempertahankan apa yang telah ia raih.

Lalu, Luna Maya menjadi apa? Dia akan tetap menjadi sosok perempuan idola bagi perempuan Indonesia, dengan segenap apa yang telah ia lakukan sekian lama ini. Luna Maya adalah penunggu ketetapan, walaupun ia akan memburu dan mempertahankan apa yang ditunggunya, dengan segala jalan yang telah ia lewati dan jalani, ia tetap sosok yang ditentukan. Pelajaran hari ini menunjukkan bahwa ia bukan penentu.

Dan Reino? Reino harus menerima kenyataan akan ketetapan yang telah ia terima. Ia mesti melaksanakan dan menjalankan ketetapan itu. Mungkin ia berpikir Syahrini adalah kombinasi kebutuhan sekaligus kepentingan dirinya. Tapi, ia harus sadar bahwa dirinya hanya penunggu ketetapan di masa yang lain, di waktu yang datang. Sebanyak apapun rupiah yang ia miliki, tak akan mampu menggugat ketetapan jodohnya, dan mungkin kelak ada lagi nanti.

Di balik kisah sayu itu, kita mesti memaksakan diri untuk mengambil hikmah, agar setiap yang lewat tidak terlewati begitu saja, bisa menjadi pengetahuan atas ketidaktahuan diri kita. Pengetahuan yang akan menuntun kita untuk lebih memahami diri kita, yang sebenarnya tidak ada apa-apanya, hingga tak ada celah sedikit pun untuk tidak melakukan puji syukur.

Hikmah kisah yang mengharu biru ini adalah bahwa segala sesuatu adalah ketetapan, bukan kebutuhan apalagi kepentingan, khususnya jodoh. Kita adalah yang ditentukan, bukan menentukan.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *