Skip to main content

ARTERIA DAHLAN VS EMIL SALIM

arteria

Sekejap setelah bangun pagi, ada lebih separuh dari 127 grup WhatsApp yang saya tempati berubah menjadi ajang menumpahkan kekecewaan terhadap Arteria Dahlan.

Kekecewaan ini buntut dari video pendek Arteria Dahlan yang mendebat Prof Emil Salim dalam diskusi yang dipandu Najwa Shihab. Sebagian besar warga grup WhatsApp kecewa dengan perlakukan Arteria ke Prof Emil. Akhirnya, pagi yang indah hari ini menjadi kurang nyaman. Arteria sebagai wakil rakyat di Senayan mempertontonkan hal yang tidak sedap dipandang apalagi didengar.

Postingan serupa telah mencapai 25,2 ribu orang. Tagar #Matanajwa pun trending topik di jagad twitter.

Jika kita merujuk pada kebudayaan Gorontalo, diskusi diistilahkan secara halus dengan bubulota atau saling pinjam meminjam, artinya saling pinjam meminjam ilmu atau pengetahuan dengan secara beradab.

Dalam budaya Gorontalo, diskusi berbeda dengan dengan debat. Debat dalam bahasa Gorontalo artinya bubutola. Bubutola atau debat agak minus pada segi adab. Ada kesan saling mempertentangkan dengan “segala cara”, bukan dengan cara yang etis. Bubutola tidak mengindahkan lagi momen, usia, status dan ukuran-ukuran etis lainnya. Pokoknya, hajar, hantam, remukkan!

Debat adalah model pertentangan, bukan saling tukar menukar pengetahuan. Debat yang dikehendaki adalah yang meniadakan, bukan menghidupkan.

Memang, saat ini mulai ada kecenderungan bahwa dalam ruang publik, siapa yang terlihat garang adalah yang terbaik. Padahal, dalam kebudayaan Gorontalo, kewibawaan ilmu hanya akan muncul jika diiringi dan dilandasi oleh akhlak.

Pada kondisi ini, bisa kita rumuskan bahwa derajat intelektualitas tidak linier dengan derajat akhlak. Bisa jadi derajat akhlak lebih banyak dimiliki oleh orang-orang yang tidak bersentuhan dengan intelektualitas.

Menjadi pas apa yang diutarakan leluhur kita ; adab lebih tinggi dari pada ilmu. Orang beradab sudah pasti berilmu, namun orang berilmu bisa saja tidak beradab.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *